Secara kasat mata, tidak ada lagi yang sama antara All
New Honda BeAT- FI dengan Honda BeAT versi sebelumnya. Desainnya
benar-benar berubah, Honda mengklaim lebih sporty. Tapi kami melihatnya
jadi lebih berisi. Enggak terlalu gendut sih, masih ramping sesuai
dengan selera pasarnya yang anak muda.
Platform mesin dan
rangkanya pun berubah. Bukan lagi berkiblat pada Honda BeAT lama, tapi
yang ini lebih dekat pada Spacy Helm In. "Meski mesinnya mirip Honda
Spacy tapi tetap ada yang berbeda, seperti kopling pada transmisinya
tidak sama," buka Wedijanto WIdarso, GM Technical Service Division, PT
Astra Honda Motor (AHM).
Mesin ini tetap SOHC satu silinder dua
klep, kapasitas ruang bakarnya 108 cc dan punya tenaga yang diklaim
meningkat. Versi sebelumnya hanya 8,22 PS, kini jadi 8,52 PS di putaran
mesin yang sama yaitu 8.000 rpm. Torsinya juga meningkat dari 0,85 kgf.m
jadi 0,89 kgf.m.
Mesin baru yang mengusung teknologi injeksi
generasi 4 ini diklaim konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 58
km/liter atau lebih hemat 30 persen dibandingkan dengan generasi
sebelumnya bila diukur dengan metode pengetesan ECE R40.
"Sedang rangkanya benar-benar baru, nanti kamu coba deh," ajak
Wedijanto. Karena ingin membuat bagasi lebih besar, rangka barunya ini
pun dibuat berbeda. Tapi tenang, tetap tidak selebar Spacy Helm In,
tetap ramping kok. Bagasi yang 5 kali lebih besar volumenya dari versi
terdahulu ini (11,2 liter) mengharuskan boks filter udara pindah ke atas
CVT, sedang akinya digusur ke bawah dek pijakan kaki.
Satu lagi
yang diyakini lebih cocok dengan konsumen Indonesia adalah posisi
duduknya yang kini lebih rendah. "Survey kami pada target marketnya yang
anak muda, banyak yang mengaku kerepotan karena jok terlalu tinggi.
Harus jinjit, makanya kami buat sedikit lebih rendah," jelas Alex
Batubara dari Honda R&D South East Asia (HRS) Indonesia.
Fitur lain yang jadi andalan adalah dek pijakan kaki yang lebih
lega, juga footstep model lipat memudahkan. Oiya, Combi Brake System
(CBS) juga jadi fitur standar pada varian paling mahal. Makin safety
kan! Satu lagi adalah mekanisme pengoperasian Parking Brake Lock baru
yang memudahkan pengoperasiannya.
"Kalau pada rem CBS di Vario
Techno harus di tarik ke atas, yang ini cuma ditekan ke dalam saja.
Lebih mudah digunakan," jelas Endro Sutarno, Technical Service Training
Instructor PT AHM.
All New Honda BeAT- FI ini dipasarkan mulai
bulan Oktober 2012 dengan harga (on the road Jakarta) Rp 13,5 juta untuk
varian CBS. Rp 12,9 juta untuk varian cast wheel dan Rp 12,1 juta untuk
varian spoke wheel.
Untuk varian CBS terdapat 5 pilihan warna
yaitu Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, dan Samba
Orange. Sedang varian Cast Wheel dilengkapi 6 pilihan warna yaitu
Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Groovy Blue, Disco Green,
dan Samba Orange. Serta varian Spoke Wheel hadir dengan 3 pilihan warna
Techno White, Hard Rock Black, dan Electro Red.
(motorplus-online.com)Spesifikasi Tipe mesin: 4-Langkah, OHC, pendinginan dengan kipas
Diameter X Langkah: 50x55 mm
Volume: 108 cc
Perbandingan kompresi: 9,2:1
Daya maksimum: 6,27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum: 8,68 Nm (0,89 kgf.m) 6.500 rpm
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter: Pedal dan elektrik
Sistem bahan bakar: Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki: 3,7 liter
Kapasitas minyak pelumas: 0,8 liter pada pergantian periodik
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian: Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan: Baterai 12V-3Ah (Tipe MF)
PanjangxLebarxTinggi: 1.863x675x1.072 mm
Jarak sumbu roda: 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat kosong: 93 kg
Tipe rangka: Tulang punggung
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan: 80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban belakang: 90/90-14 M/C 46P
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol
Sistem pengereman: Standar (tipe SW dan CW), Combi Brake (tipe CBS)